BENDUNGAN MENGANTI

Bendungan menganti merupakan bangunan bendungan air (sungai citanduy) yang terletak diperbatasan antara jawa tengah dan jawa barat. Pemandangan yang indah membuat saya lama untuk menikmatinya, disitu banyak orang berdagang disisi kanan-kiri bendungan. Kaum adam dan hawa banyak berdatangan untuk sekedar foto-foto/jalan-jalan.

16772_10203043554959074_9018899178396867455_n

Bendungan manganti atau bangunan air diresmikan oleh presiden soeharto pada tahun 90-an dan di bangun pada tahun 1972. Taman bendungan manganti juga baru diresmikan oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada tahun 2009. Bangunan air itu mengairi sawah di kawasan Cilacap Barat dan sebagian Kabupaten Ciamis. Air dari bendung ini kemudian disalurkan melalui jaringan irigasi Sidareja-Cihaur. Terdiri atas saluran utama, primair, sekunder dan lateral. Irigasi tersebut dinikmati oleh puluhan ribu petani yang tersebar di 27 desa di Kecamatan Sidareja, Kedungreja, Patimuan, Wanareja, Gandrungmangu, Bantarsari dan Kawunganten. Para petani di kawasan ini merupakan penyumbang terbesar stok pangan nasional di Jawa Tengah bagian Selatan.

Bendungan manganti bisa ditempuh lewat kota cilacap naik jurusan sidareja kemudian naik angkot perbatasan jurusan manganti yang kurang lebih jarak tempuhnya sekitar 15 km dari kota sidareja, selain dari cilacap-jateng. Bendungan manganti juga bisa ditempuh lewat kota banjar-jabar, dari kota banjar anda bisa naik angkot perbatasan yang menuju ke bendungan manganti. Bendungan manganti juga bisa ditempuh lewat banjarsari lalu anda bisa naik angkot warna putih.

Tinggalkan komentar